Jenis Usaha Menurut Primbon: Perhitungan Jawa dalam Bisnis

Jenis Usaha Menurut Primbon: Perhitungan Jawa dalam Bisnis

Keseharian masyarakat Jawa memang erat dengan yang namanya primbon. Sebagai sebuah kitab kuno, primbon berisi berbagai ramalan dan perhitungan yang dijadikan pedoman dalam mengambil keputusan. Begitu juga dalam berbisnis, jenis usaha menurut primbon harus diperhatikan agar sesuai dengan karakter Anda.

Bagi masyarakat Jawa, setiap hari mempunyai energi alam metafisis yang berbeda. Karena itulah hari lahir juga bepengaruh pada sifat seseorang. Karakter ini adalah sifat alami yang akan melekat pada diri orang itu sepanjang hidupnya.

Sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya bila Anda memeriksa kecocokan primbon terlebih dahulu. Cari tahu neptu dan karakter Anda berdasarkan hari kelahiran, kemudian cari bidang usaha yang cocok dengan sifat Anda. Ini akan menentukan sukses tidaknya usaha yang hendak Anda bangun.

Jenis Usaha Menurut Primbon Hari Lahir

toko perhiasan

Dalam primbon Jawa, setiap hari kelahiran memiliki pengaruh yang berbeda terhadap orang yang lahir di hari tersebut. Bahkan sifat dan karakter seseorang di masa depan sudah bisa diprediksi berdasarkan hari lahirnya.

Jika dikaitkan dengan bisnis, maka primbon berfungsi sebagai pedoman tentang bidang bisnis apa yang cocok dijalankan oleh seseorang. Pertama dengan menganalisis karakter hari lahirnya, dilanjutkan dengan memilih jenis bisnis yang sesuai dengan karakter tersebut.

Bisnis lebih mudah dijalankan jika sesuai dengan bidang keahlian, minat, dan karakter kita. Terdengar masuk akal, bukan? Berikut Opinipemimpi rangkumkan primbon terkait jenis usaha untuk Anda,

1.  Senin

Dalam kepercayaan Jawa, hari Senin dilambangkan dengan simbol bunga / kembang. Bunga identik dengan sesuatu yang indah dan harum. Orang yang lahir di hari Senin biasanya adalah tipikal orang yang berpenampilan bersih, rapi, dan wangi.

Dalam hal berbisnis, orang yang lahir di hari Senin paling cocok menekuni usaha yang berkaitan dengan estetika. Beberapa jenis usaha menurut primbon yang cocok untuk hari kembang adalah:

  • Toko pakaian
  • Toko perhiasan
  • Make up
  • Dekorasi
  • Minimarket
  • Klinik kecantikan

2.  Selasa

Selasa adalah hari bersimbol api. Siapa pun yang lahir di hari Selasa diyakini akan menjadi orang yang bersemangat, pantang menyerah, dan tak kenal lelah. Namun ada sisi negatifnya juga karena simbol api berhubungan dengan emosi yang meledak-ledak dan sifat terburu-buru.

Tips penting untuk Anda yang lahir di hari Selasa adalah belajar mengendalikan diri. Jangan mudah kalut dalam amarah, arahkan jiwa api Anda untuk hal-hal yang positif agar lebih tahan banting dalam menjalankan bisnis.

Berikut ini beberapa jenis usaha menurut primbon yang potensial untuk orang kelahiran Selasa:

  • Meubel dan furniture
  • Toko pecah belah / alat rumah tangga
  • Jasa konstruksi
  • Toko material bahan bangunan
  • Toko kelontong
  • Perdagangan sembako

3.  Rabu

Kebalikan dari Selasa, orang yang lahir hari Rabu bersifat tenang, pendiam, dan berwibawa. Rabu adalah hari berlambang daun. Karakter daun dalam alam identik dengan ketenangan dan keramahan.

Kalau ingin berbisnis, sebaiknya hindari jenis usaha yang mengharuskan Anda berinteraksi dengan orang banyak. Rabu adalah harinya orang-orang ramah, tapi dalam lingkup personal atau kelompok kecil. BIsnis yang bertumpu pada kemampuan sosial dan interaksi kurang cocok untuk orang kelahiran Rabu.

Jenis usaha menurut primbon untuk orang yang lahir di hari daun adalah:

  • Budidaya ikan hias / konsumsi
  • Ternak unggas rumahan (ayam / bebek)
  • Ternak kambing, sapi, dan kerbau
  • Budidaya burung hias

4.  Kamis

Orang yang lahir di hari Kamis biasanya memiliki karakter lincah, supel, dinamis, dan tak kenal lelah. Kamis adalah hari yang dilambangkan dengan angin. Sifat angin dalam alam adalah mondar-mandir kesana kemari, tidak bisa diam, dan bisa diterima di mana saja.

Orang-orang Kamis biasanya pandai bergaul dan punya banyak teman. Ini merupakan keuntungan tersendiri bagi pebisnis. Ukuran dan kualitas relasi punya pengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis Anda. Kalau Anda berada di lingkaran orang-orang sukses, mereka juga akan membantu Anda untuk meraih kesuksesan.

Dengan karakter seperti itu, ada beberapa jenis usaha menurut primbon yang ideal untuk Anda:

  • Pertambangan (emas, minyak, dan mineral)
  • Produksi dan perdagangan elektronik (Handphone, komputer, dan elektronik rumah tangga)
  • Perdagangan dan jasa otomotif (jual beli mobil / motor, bengkel modifikasi, dan aksesoris)

5.  Jumat

Dalam primbon, jumat adalah hari yang spesial untuk berbisnis. Dilambangkan sebagai air, Jumat adalah harinya orang-orang situasional. Mereka yang lahir di hari Jumat lebih banyak tenang seperti permukaan air danau, tapi bisa mematikan bagai gelombang laut besar.

Karena itulah disebut sebagai orang-orang situasional. Di situasi yang netral, mereka bersifat tenang, ramah, murah senyum, dan tidak banyak bicara. Tapi saat diperlukan, mereka juga bisa menjadi orator ulung dan menampilkan sifat tegas yang khas.

Karakter ini sangat cocok untuk menjadi pebisnis. Secara umum, tidak ada bidang khusus yang cocok untuk Anda. Sifat adaptif sudah jadi modal besar untuk menekuni bisnis apa pun yang Anda mau. Tapi kalau Anda butuh inspirasi, beberapa jenis usaha menurut primbon ini patut Anda coba:

  • Toko bangunan
  • Usaha kuliner (rumah makan, kafe, dan restoran)
  • Pencucian mobil
  • Berdagang buah-buahan
  • Butik dan produksi fashion

6.  Sabtu

Bumi adalah lambang bagi hari Sabtu. Orang yang lahir hari Sabtu memiliki sifat tegas, tangguh, berpendirian kuat, dan punya kekuatan fisik yang unggul. Sebelum terjun ke bisnis, Anda sudah punya modal penting yaitu sifat ulet dan tekun seperti karakter bumi.

Agar bisnis Anda berjalan lancar, Anda perlu memilih bidang yang tepat. Keuletan dan ketekunan yang Anda miliki menjadi peluang untuk mengembangkan bisnis yang butuh kerja keras dan konsistensi. Saat orang lain menyerah, Anda tetap maju. Inilah yang membedakan Anda dari pebisnis lain dalam jangka yang lebih panjang.

Berikut ini adalah beberapa jenis usaha menurut primbon untuk hari berlambang bumi:

  • Bunga dan tanaman hias
  • Jasa teknik dan konstruksi
  • Jual beli dan persewaan property

7.  Minggu

Minggu adalah hari matahari. Orang yang lahirnya Minggu memiliki sifat ramah, riang, supel, gigih, dan bersemangat. Mereka juga pandai bergaul dan punya jaringan pertemanan yang luas. Kombinasi semua karakter tersebut adalah racikan ampuh untuk meramu profil seorang pebisnis.

Karena sifatnya yang cenderung ‘cerah’, orang kelahiran Minggu disarankan untuk memulai bisnis di bidang-bidang yang menuntut interaksi. Kemampuan untuk menyenangkan hati lawan bicara dan membuat mereka mengikuti apa yang Anda inginkan adalah bonus besar yang harus dimanfaatkan.

Jenis usaha menurut primbon yang cocok untuk hari matahari adalah sebagai berikut:

  • Agensi travel dan tour guide
  • Jasa kurir dan ekspedisi
  • Jasa periklanan
  • Industri kreatif (desain, fotografi, dan musik)

Tips Memilih Jenis Usaha Menurut Primbon

Agar usaha Anda berbuah manis, usahakan untuk melakukan perhitungan primbon dan mengkaji berbagai aspek non-teknis. Bisnis tidak hanya soal modal dan kemampuan, ada hal-hal lain yang tak kasat mata ikut andil dalam prospek bisnis kita.

Mengacu pada ide-ide bisnis di atas adalah cara yang tepat. Tapi jangan jadikan uraian di atas sebagai satu-satunya pedoman. Masih banyak faktor lain yang punya signifikansi. Mengandalkan primbon saja tidak akan cukup. Primbon adalah salah satu pertimbangan, bukan segala-galanya.

Kalau Anda bertanya, adakah pebisnis sukses di bidang yang tak sesuai dengan karakter primbonnya? Tentu saja ada. Semua kembali pada kepercayaan individu masing-masing.

Pungkasnya, sudahkah Anda temukan jenis usaha menurut primbon yang paling pas untuk Anda?

Tinggalkan Balasan